Saturday, December 27, 2014

Beauty of Wisdom


Batik Indonesia yg keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait telah ditetapkan aoleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009 ini merupakan salah satu warisan seni budaya bangsa. Seni batik menjadi sangat menarik karena filosofi yang kental di setiap proses pembuatannya. 


Seperti motif batik di foto ini dibuat bukan tanpa maknan. Motifnya menonjolkan gambar burung dan tumbuh-tumbuhan. Makna burung menyiratkan simbol kebebasan dan tumbuhan memiliki makna kesinambungan antara manusia dan alam yang indah dan harmonis. 

Saya sendiri suka sama pitutur budoyo jowo di foto ini : "Sepi ing pamrih rame ing gawe". Yang mengandung arti hendaklah selalu mengedepankan kepentingan orang lain, dalam susah maupun senang. Setiap saat mengulurkan bantuan tanpa mengharapkan pujian atau imbalan. Ahhh..betapa mulianya

4 comments:

  1. Aku selalu jatuh hati dengan wanita2 yg membatik, menurut gw mereka kece keren

    ReplyDelete
  2. Ah batiiikkk, mau motif apapun aku sukaaa... Apalagi kalau lihat orang yang membatik, terlihat anggun,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba. Selalu kagum dg dedikasi para pembatik..ada kesabaran dan ketulusan di setiap goresan. Salam kenal mba sofia :)

      Delete